Agar wawancara kerja Anda berjalan sukses
dalam wawancara kerja ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan, seperti:
a. Ceritakan
tentang diri Anda
Ketika mulai wawancara kerja, mulailah
dengan memperkenalkan diri, latar belakang, pendidikan, sasaran serta minat dan
bakat Anda. Hal ini akan menjadi gambaran kecil bagi perusahaan.
b. Hati-hati
pertanyaan jebakan
Dalam menjawab pertanyan yang diajukan oleh
pewawancara jangan memberikan jawaban yang akan menimbulkan pertanyaan baru
yang bersifat menjebak. Ada
bermacam-macam tipe pewawancara, ada yang senang memberikan
pertanyaan-pertanyaan menjebak. Hendaklah berpikir sebelum menjawab.
c. Semangat
dan bahasa tubuh
Sertakanlah semangat dan bahasa tubuh yang
baik dalam setiap memjawab pertanyaan. Hal ini secara tidak langsung menunjukan
bahwa diri Anda benar-benar berminat terhadap perusahaan tersebut.
d. Cara
berpakaian yang baik dalam wawancara
Pakaian yang Anda kenakan akan mencerminkan
bagaimana diri Anda, untuk menghadirkan citra diri yang baik maka berpakaianlah
yang rapih dan sopan.
* Variasi
pertanyaan wawancara kerja, diantaranya:
1. Pertanyaan
mengenai riwayat pendidikan
Pertanyaan yang menanyakan latar belakang
pendidikan Anda.
2. Pertanyaan
mengenai pengalaman kerja
Pertanyaan yang menanyakan mengenai
pengalaman kerja yang pernah Anda alami, lalu jawablah pertanyaan dengan jujur
dan jelas sertakan pula alasan mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama Anda.
3. Pertanyaan
mengenai sasaran Anda
Pertanyaan yang menanyakan apa sasaran Anda
memilih bekerja diperusahaan tersebut.
4. Pertanyaan
mengenai organisasi perusahaan yang
ingin Anda masuki
Pertanyaan yang menanyakan kepada Anda
dengan maksud untuk menguji Anda, apakah Anda memiliki pengetahuan yang cukup
mengenai peusahaan.
5. Pertanyaan
mengenai minat kerja
Pertanyaan yang menanyakan minat kerja
Anda, hal ini akan membuat gambaran posisi yang tepat untuk Anda.
6. Pertanyaan
mengenai gaji
Pertanyaan yang menanyakan tentang nominal
gaji yang Anda inginkan, jawablah sesuai dengan keinginan Anda, jangan menjawab
“terserah bapa aja”.
* Kesalahan
dalam wawancara kerja, seperti:
1. Tidak
mengetahui pengetahuan tentang perusahaan
Ketidaktahuan
akan perusahaan dapat mengurangi nilai Anda, untuk itu sebelum melakukan wawancara
kerja hendaklah Anda mencaritahu lebih jelas lagi latarbelakang perusahaan yang
Anda tuju.
2. Tidak
siap membahas keterampilan dan pengalaman
Hal ini
sering terjadi karena narasumber kurang persiapan menjelang wawancara kerja.
Jika kurang siap, waktu wawancara narasumber digunakan untuk berpikir hingga
pada saat disampaikan jawabannya waktu wawancara sudah habis.
3. Tidak
siap menjawab tentang rencana dan tujuan kariernya
Ketidaksiapan
ini terjadi karena narasumber tidak memikirkan tentang rencana dan tujuan
kariernya, jika hal ini terjadi maka akan mengurangi penilaian pewawancara
terhadap narasumber.
4. Kurang
melakukan kontak mata
Hal ini
terkesan sombong, tidak serius dan kurang menghargai lawan bicara.
5. Datang
terlambat
Dalam
melakukan wawancara kerja, kandidat jangan sampai datang terlambat karena hal
ini akan sangat berpengaruh terhadap penilaian perusahaan.
6. Kurang menunjukan
antusiasnya
Hal ini
membuat pewawancara kurang yakin terhadap kandidat pegawai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar